Strategi Bisnis Online dan Offline yang Harus Dilakukan

Strategi bisnis yang tepat sangat menentukan keberhasilan suatu usaha, baik yang baru akan dimulai atau yang sudah berjalan dan ingin terus bertumbuh.


Tidak bisa dipungkiri persaingan dunia bisnis semakin ketat dan cenderung akan terus menguat ke depannya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh banyaknya pelaku bisnis yang selalu berkembang setiap saat. Pelaku bisnis yang sudah mapan juga tidak bisa menerapkan metode lama dalam menjalankan bisnis.


Kini, ada banyak pengusaha baru yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengenalkan produk mereka. Sehingga dalam waktu sebentar saja produk baru mereka yang sudah bisa menyingkirkan produk lama yang sudah sangat dikenal masyarakat.


Tentu pengusaha baru harus menerapkan strategi bisnis yang jitu agar produk baru mereka bisa dikenal.


Apalagi sekarang eranya digital dan internet. Pengguna internet di Indonesia lebih dari 80 juga pengguna aktif, ini tentu bukan angka yang sedikit.


Nah kalau saja kita pandai memanfaatkan internet dengan baik, maka, boom, bisnis anda akan melejit tak tertandingi.


Bukan hanya untuk bisnis saja, internet juga sudah banyak mengantarkan seseorang yang bukan siapa-siapa menjadi artis terkenal, sebut saja salah satu contohnya justin biber.


Siapa yang tidak kenal dengan anak muda yang satu ini? Dengan suaranya yang khas dan indah membuat dia melejit bak roket yang tidak memiliki hambatan.


Sebelumnya dia juga tentu sudah memiliki suara emas, namun karena ‘tidak ada yang tahu’, tentu saja tidak berharga apa-apa.


Namun bisa anda lihat setelah ada jutaan youtuber menonton dan menshare video yang dia upload, dan boom. Dia menjadi sangat terkenal seperti sekarang ini.


Nah, kalau kita kaitkan dengan strategi bisnis, tentu saja sedikit banyak berkaitan dengan metode yang digunakan justin.


Metode promosi yang tepat dengan langsung menyentuh pengguna internet yang dapat melihat dan mendengar kemerduan suaranya, membuat produser tertarik untuk ‘mengorbitkan’ sang bintang.


Kira-kira, anda sudah tergambar mengenai strategi bisnis yang akan anda terapkan untuk usaha anda? Berikut ini kami rangkum lebih jelas dan lebih rinci beberapa strategi bisnis yang bisa membuat usaha anda sukses dan berkembang dengan pesat.


Strategi Bisnis Online dan Offline yang Harus Dilakukan - Arjuna Pulsa Termurah


Strategi Bisnis yang Harus Anda Lakukan


Setidaknya Arjuna Pulsa menyarankan 14 strategi bisnis yang bisa menunjang keberhasilan usaha anda, berikut ini di antaranya:


1. Riset Pasar


Strategi bisnis yang harus anda lakukan pertama kali adalah dengan melakukan riset pasar. Ini akan sangat menentukan minat dan kebiasaan konsumen.


Misalnya pada masyarakat kampus, ini merupakan salah satu market potensial yang bisa kita masuki, berbagai produk bisa kita jual, berbagai jasa bisa kita sewakan.


Biasanya anak-anak kost agak malas masak atau mencuci, nah ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk kita. Kita bisa membuka rumah makan atau jasa loundry kiloan di sekitar tempat mereka tinggal.


Dan masih banyak lagi, kita harus bisa melihat peluang-peluang dari berbagai kultur dan budaya masyarakat. Kemudian kita konversi dalam bentuk jasa atau produk yang akan kita tawarkan.


Jika kita hendak menjual produk secara online, kita juga harus melakukan riset pasar, kalau dalam bahasa internet masketingnya adalah riset keyword.


Riset keyword adalah hal pertama yang harus kita lakukan. Ada banyak tools yang bisa kita manfaatkan secara gratis, salah satunya yang populer dan paling banyak digunakan adalah Google keyword planner dan Ubersuggest.


Kali saya bagikan yang menggunakan Ubersugget. Dengan menggunakan tools ini kita menganalisa jumlah pencarian kata kunci tertentu dalam satu bulan. Misalnya kita hendak menjual baju gamis. Mari kita riset, berikut ini contoh saya riset keyword untuk baju gamis:


Data di atas merupakan sub judul dari kata kunci “baju”, ada banyak turunan yang kita dapatkan dan berapa kata kunci yang bisa kita targetkan, misalnya baju kabaya yang dicari sebanyak 33,100 orang sebulan, busana muslim couple yang dicari 14.800 orang dalam sebulan. Nah, riset KW ini bagian penting dalam bisnis online.


Kata kunci ini akan terus berubah setiap bulannya, tergantung dari jumlah pencarian di Google per bulannya. Jadi kita harus selalu update data pencarian untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.


Selain bisnis online, bisnis offline juga membutuhkan riset pasar, kira-kira apa saja yang sedang dicari, apa yang dibutuhkan, apa yang diinginkan masyarakat.


2. Memahami Produk Luar dalam


Strategi bisnis yang kedua yang tidak kalah penting adalah memahami produk luar dalam. Kita harus menjadi ahlinya dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Kalau dalam bahasa seninya kita harus menjiwai. Penjiwaan menjadi bagian yang sangat penting.


Kita harus menguasai produk dan jasa yang kita tawarkan. Jika ada pelanggan yang bertanya, kita harus membuat mereka mengerti dengan produk kita. Konsumen juga akan percaya dengan kita.


 Misalkan kita membuka jasa survey dan pemetaan bidang sipil. Jika kita memang ahlinya, misal kita memiliki sertifikat survey dan pemetaan maka perusahaan-perusahaan besar akan mengontrak kita untuk melakukan survey tinjau sampai pemetaan.


Contoh lainnya mungkin jika kita membuka jasa konsultan pertambangan. Jika kita memiliki latar belakang pendidikan pertambangan, memiliki berbagai sertifikat seperti sertifikat peledakan, sertifikat pengeboran, dan sertifikat lainnya, maka perusahaan besar akan mencari kita.


Contoh di atas merupakan sedikit gambaran jika kita memang ahli di suatu bidang, maka pelanggan akan percaya dengan keahlian kita atau produk yang kita buat.


3. Bangun Brand Produk


Apa bedanya Samsung dan Mito? Atau apa besarnya Apple dan Evercoss? Jika kita bandingkan dengan tipe dan fasilitas yang sama, kira-kira mana yang akan kita pilih?


Apalagi kalau harganya sama, pasti kita sudah sama-sama tahu mana yang akan dipilih, tentu saja karena branding produk dan keyakinan akan kualitas.


Untuk contoh sepeda motor misalnya. Untuk menyebutkan sepeda motor, masyarakat lebih cenderung menyebut honda. Honda mu tipe apa? Nah, kenapa ini bisa terjadi?


Karena branding, karena honda lebih memiliki pengalaman dan sudah ada sejak lama di Indonesia, sehingga produk sepeda motor seperti sudah dinisbatkan adalah honda, padahal tidak demikian.


Contoh di atas merupakan strategi bisnis yang ketiga, yaitu branding. Branding sangat perlu dan sangat penting untuk membuat produk kita dikenal dan ada di alam bawah sadar konsumen kita.


Bahkan perusahaan-perusahaan besar biasanya menyewa konsultan untuk membuat branding produk mereka. Mereka sanggup mengeluarkan ratusan juta hingga milyaran rupiah untuk menaikkan brand produk mereka.


4. Promosi


Promosi juga menjadi bagian strategi bisnis yang tidak boleh terlewatkan. Promosi bisa kita lakukan dengan memanfaatkan media yang ada.


Kalau kita memiliki resources yang besar kita bisa memanfaatkan TV untuk media promosi, namun tentu saja dengan catatan kita harus bisa menghitung dan memanfaatkan momen dengan baik.


Kita harus tahu siapa yang nonton TV dari jam sekian sampai jam sekian. Kita harus tahu kecenderungan atau psikologi penonton. Ini semua tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Selain dengan TV, ada banyak media yang lebih murah yang bisa kita gunakan. Misalnya seperti beriklan di internet, sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, pengguna internet aktif kita mencapai angka 80 juta.


Kita bisa memanfaatkan internet internet untuk mengiklankan produk kita. Misalnya dengan Google Adsense, Endorse di Instagram, Facebook Ads, atau Twitter Ads.


Kita juga bisa memanfaatkan fitur iklan billboard yang ada di pinggir jalan. Ini adalah metode iklan cara lama, namun cukup efektif untuk membuat produk kita dikenal dan masuk dalam alam bawah sadar masyarakat.


Selain memanfaatkan fasilitas iklan berbayar kita juga bisa memanfaatkan iklan gratis misal di OLX, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Kita bisa mempromosikan produk kita di toko online yang sudah memiliki visitor ratusan ribu hingga jutaan perharinya.


Kira-kira, metode promosi apa yang akan anda terapkan?


5. Berikan Service Terbaik


Kalau dalam dunia perbankan dan perkantoran kita mengenal istilah service excellence. Pelayanan yang baik menjadi hal penting untuk menarik pelanggan dan mengikat mereka bersama kita. Pelanggan kita bisa menjadi social viral, yang menjadi ‘perwakilan’ kita untuk mempromosikan produk atau jasa kita.


Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan akan merekomendasi teman, kerabat atau bahkan orang yang tidak mereka kenal untuk menggunakan produk atau jasa kita.


Tersenyum dan menyapalah anda. Sedikit senyuman saja bisa mengubah mood pelanggan yang tadinya kurang respek menjadi antusias.


Jika anda memiliki karyawan yang banyak, jangan lupa untuk mengatakan pelatihan atau training service excellence, agar pelayanan yang karyawan kita berikan bisa maksimal, sehingga pelanggan pun puas.


Mereka akan menjadikan pelayanan dan produk kita sebagai referensi. Dan anda akan menjadi social viral disebar secara gratis dan meyakinkan, karena ini menjadi bentuk testimoni yang sangat dipercaya untuk calon pelanggan baru anda.


6. Jemput ‘Bola’


Jemput bola atau dalam istilah yang lebih kerennya adalah direct selling. Direct Selling menjadi salah satu strategi bisnis yang sangat ampuh dan membuat produk atau jasa anda cepat berkembang. Tidak jarang calon pelanggan kesulitan atau bahkan malas untuk keluar rumah atau kantor.


Karena anda menerapkan sistem jemput ‘bola’ apalagi marketing anda piawai dan berpenampilan ‘menarik’, biasanya banyak pelanggan yang akan ‘tergaet’ dari strategi ini.


7. Berikan Bonus


Jangan lupa juga untuk memberikan bonus, misalkan beli 3 gratis 1. Untuk tahap awal perkenalan produk, strategi ini sangat jitu, karena tidak bisa dipungkiri, masyarakat kita ingin selalu mendapatkan lebih.


Atau anda juga bisa menerapkan sistem referal, di mana saat pelanggan anda berhasil mengajak pelanggan baru mereka akan mendapatkan rewards atau bonus.


Strategi ini juga bisa menjadikan produk anda viral dan menyebar dengan cepat.


8. Terus Berinovasi


Jangan lupa untuk terus mengevaluasi produk atau layanan anda. Perbaikan adalah sebuah keniscayaan, perubahan kearah yang lebih baik atau minimal inovasi ide baru.


Inovasi produk perlu dilakukan dalam hal update atau upgrade sekalian. Jangan lupa juga untuk meminta testimoni pelanggan, hal ini karena kepuasan pelanggan menjadi indikatos keberhasilan layanan atau bisnis kita.


9. Berikan Produk Gratis

Sesekali anda perlu melakukan promo gratis, misal pada momen tertentu memberikan produk gratis untuk yang berulang tahun. Anda juga bisa memberikan produk gratis sebagai penghargaan kepada pelanggan setia anda, ini bertujuan untuk ‘mengikat’ mereka agar jangan berpindah ke lain hati.


Satu lagi strategi bisnis yang bisa anda terapkan adalah dengan memberi semacam produk pengantar secara gratis. 


10. Produk Gratis Terbatas


Produk gratis terbatas ini juga menjadi strategi bisnis yang sangat luar biasa. Bahkan diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar internasional. Beberapa perusahaan besar internasional yang memberikan produk gratis terbatas di antaranya Buffer, Hootsuite, WordPress, bahkan Youtube.


Mereka memberikan konsumen produk gratis terbatas untuk menikmati fitur-fitur tertentu, namun untuk menikmati fasilitas atau fitur premium mereka harus membayar sejumlah uang. Strategi ini terbukti juga diterapkan oleh banyak game online dan terbukti mendulang sukses yang sangat luar biasa.


Pada awalnya gamer akan menikmati game gratis dengan kualitas super dan pada saat level tertentu yang membuat gamer penasaran, sehingga dengan suka rela atau ‘terpaksa’ mereka akan membayarkan sejumlah uang.


Begitu juga untuk produk atau jasa lainnya, anda bisa membuat semacam produk gratis terbatas, kemudian pada saat hendak mencapai inti anda bisa membatasinya, dan meminta pelanggan untuk membayar jika ingin menikmati fasilitas premium.


Strategi bisnis yang satu ini terbukti mampu menarik costumers dengan baik.


11. Buat Produk yang Berkaitan Satu Sama Lain


Siapa yang tidak kenal dengan Google? Raksasa internet yang satu ini memiliki produk yang berkaitan satu sama lain. Misalnya untuk mesin pencari mereka punya Google.com dan turunannya di setiap negara, eg google.co.id, google.com.my dsb.


Untuk menonton mereka punya Youtube.com. Untuk media social mereka punya Google plus. Dan sederat produk lain seperti Google Adsense, Goggle Adword, Google Maps, Digital Books, Wallet dan banyak lagi, Google melebarkan varian produknya. Hebatnya semua bisa diakses hanya dengan satu akun Google.


Anda juga bisa mencoba strategi bisnis Google ini untuk usaha anda. Jadi anda bisa membuat semacam group usaha. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak Group usaha yang dikendalikan oleh satu induk besar.


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Bakrie Group yang memiliki pertambangan, kelapa sawit, jaringan TV swasta nasional, dan sebagainya.


12. Lokasi Strategis


Memiliki lokasi juga menjadi hal yang sangat penting untuk usaha anda. Pastikan anda mendapatkan tempat yang strategis, karena kita akan butuh promosi yang sangat besar untuk memperkenalkan lokasi usaha kita.


Memang untuk mendapatkan lokasi yang strategis membutuhkan dana yang lebih. Namun untuk perkembangan bisnis anda ke depannya sebaiknya anda mengkalkulasikan semua keperluan dan estimasi pemasukan ke depannya.


13. List Pelanggan Anda


Strategi bisnis yang terakhir dari kami adalah dengan membuat daftar pelanggan. Anda bisa mencatat no HP, Email, FB dan lain sebagainya.


Anda bisa mengirimi mereka pesan singkat mengenai produk terbaru anda. Jalin terus komunikasi dengan pelanggan anda, sehingga mereka akan merasa dibutuhkan dan merasa orang yang sangat penting.


Kalau bahasa bahasa agamanya, menjalin silaturahim itu dapat memanjangkan umur dan melapangkan rezeki, strategi ini banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kelas kakap.


Bahkan mereka kerap melakukan Gathering dengan pelanggan setia mereka, tidak hanya itu mereka juga ada yang diberi bonus rumah dan properti lainnya karena sudah menjadi pelanggan setia.


14. Manajemen Team Work


Dalam menjalankan suatu usaha tentu kita membutuhkan kerjasama tim yang solid. Sebagai pemimpin kita harus piawai dalam memposisikan karyawan kita sesuai dengan keahliannya.


Selain itu keahlian team juga harus selalu kita upgrade agar mereka memiliki skill mempuni dibidangnya masing-masing.


Jaga kekompakan team anda, bangun team work yang efektif. Pahamkan mereka dengan apa yang akan mereka kerjakan dan apa yang harus dicapai. 


Sebelum memulai sebuah projek anda harus melakukan orientasi dan upgrading. Ini perlu dilakukan supaya mereka benar-benar paham dengan arahan kerja dan capaian yang anda inginkan.


Bangun komunikasi yang baik dengan team anda. Buat mereka merasakan seperti bagian dari kesatuan team, jangan ada jarak dan pembatas. 


Jika anda pandai dalam memanage team, maka kerja-kerja besar yang berat akan terasa ringan, karena anda sudah berbagai dengan orang-orang yang expert pada bidangnya masing-masing.


***


Nah, saya rasa cukup itu dulu strategi bisnis yang bisa anda terapkan untuk melejitkan usaha anda. Jika anda memiliki pertanyaan atau tambahan silakan melalui form komentar di bawah, sebisa mungkin akan kami jawab.


Demikianlah 14 strategi bisnis yang bisa anda terapkan untuk mengembangkan bisnis dan usaha anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat, agar yang lain juga bisa merasakan manfaat seperti anda.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
GABUNG#NAMA#KOTA

CONTOH:
GABUNG#ARJUNA PULSA#MALANG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
315.1692.735

BNI
300.0055.005

MANDIRI
1440.0218.48871

BANK BRI
034.401.001.772.569

Semua Rek A/N :
ALFATRANS M.P